Aneka Olahan Makanan Berbahan Dasar Ubi

Aneka Olahan Makanan Berbahan Dasar Ubi - Ubi adalah salah satu jenis tanaman yang sifatnya anatominya terjadi pebengkakkan akar yang membengkak menghasilkan bentuk yang lebih besar, ada banyak jenis Ubi yang tergantung dari bagian mana yang terjadi perubahan anatominya, ada bagian akar, ada bagian batang bahkan ada juga di bagian daun dari tanaman tersebut, terlepas dari perubahan anatomi tubuh dari tanaman tersebut,  ahli gizi kebanyakan memasukan Ubi ini sebagai salah satu bahan makanan alternatif yang layak untuk di konsumsi karena kandungannya yang tidak sedikit, selain untuk mengenyangkan perut, ubi juga baik untuk kesehatan


Aneka Olahan Makanan Berbahan Dasar Ubi


Jenis-jenis Ubi

Terdapat beberapa jenis ubi berdasarkan perubahan anatominya, akan tetapi saya hanya bisa mengulas beberapa jenis dari perubahan anatomi di bagian akarnya saja, karena ketidak tersedianya waktu yang cukup, berikut ini beberapa jenis ubi tersebut.

1. Ketela kayu atau biasa juga disebut ubi kayu atau singkong.
Bentuk tanaman ini mirip pohon secara kebanyakan, hanya saja hampir tidak bercabang-cabang seperti pohon pada umumnya, memiliki daun dengan bentuk jari-jari, daunnya pun banyak di manfaatkan untuk sayur karena memiliki kandungan gizi yang juga cukup baik untuk kesehatan, akar yang terdapat di dalam tanah mengalami pembengkakkan dengan ukuran yang relatif, bentuknya ubinya ini secara umum berbentuk batangan memanjang, warna ubinya ada yang putih dan ada juga yang berwarna kuning, tekstur dagingnya agak keras jika digigit secara mentah.

Tanaman Ubi Kayu atau singkong ini secara umum di budidayakan oleh petani kita sebagai bahan makanan alternatif atau sebagai bahan komoditi yang diperjual belikan, dari tanaman ubi jenis ini ada banyak produk yang di hasilkan seperti tepung maizena, sebagai tambahan untuk bahan pembuatan obat2 an dan lain-lain, dan nyang terpaling umum adalah di olah menjadi aneka kuliner yang lezat dan mengoda selera makan.

Beberapa kandungan dan manfaat dari gizi  Ubi Kayu adalah sebagai berikut :

1. Kandungan kalium dalam ubi kayu berkisar antara 271 mg per 100 gram atau sekita 6 % dari kebutuhan kalium setiap harinya, kandungan kalium sangat bermanfaat sebagai tekanan darah dan kerja jantung, sehingga baik untuk di konsumsi untuk  mereka yang tervonis jantung tidak sehat.

2. Mengadung sumber vitamin K, disebutkan bahwa Vitamin K ini adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat sebagai pengatur fungsi kerja syaraf, bagi penderita penyakit Alzheimer sangat bagus untuk di konsumsi, juga bagi yang suka strees sangat di sarankan untuk mengkonsumsi ubi kayu.

Dan masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat pada tanaman uni ini, hanya saja selain kandungan yang terdapat didalamnya yang sangat berguna, ubi kayu juga memiliki zat racun yang sangat berbahaya jika tidak hati-hati dalam mengkonsumsi, untuk itu butuh nasehat ahli gizi dan dokter anda jika ingin mengkonsumsi rutin makanan ini.


2. Ubi Jalar atau ketela rambat.
Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat di atas permukaan media tanamnya, akarnya tertimbun ke dalam tanah, dari akar ini lalu umbinya muncul, bentuk umbinya sedikit agak bulat - bulat dan terdiri dari aneka warna dan ukuran berdasarkan jenis dan varietas, sama seperti ubi kayu, ubi jalar juga menjadi alternatif bahan makanan pengganti nasi atau beras, kandungan zat karbohidratnya tinggi setara dengan nasi, sehingga cukup mengenyangkan jika mengkonsumsi ubi ini, cara tanamnya tidak ribet cukup dengan tanah yang subur dan sedikit gembur.

Sama dengan ubin kayu, selain sebagai bahan makanan ternyata dari segi kesehatan ubi jenis ini juga punya banyak khasiat yang mana diantaranya adalah

1. Sangat ampuh untuk meredakan dan mengurangi kadar gula bagi penderita penyakit diabetes, karena kandungan karotenoid yang terdapat dalam ubi jalar diyakini mampu mengatur kadar gula dalam darah pasien diabetes, sehingga banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi ubi sebagai peganti beras bagi penderita diabetes.

2. Sangat baik untuk di konsumsi oleh anak-anak yang sedang kekurangan zat kalsium, kalsium seperti yang kita ketahui sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi bagi anak kecil, kekurangan kalsium akan menpengaruhi pertumbuhan sang anak tersebut, dan di ubi jalar ini kandungan kalsiumnya juga sangat tinggi.

3. Sebagai perawatan kulit dan kecantikan, dengan mengkonsumsi secara teratur di yakini dapat menjadikan kulit lebih cerah, sehat dan cantik.

Dan banyak lagi kandungan dan khasiat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berbagai macam olahan makanan dari ubi.

Ubi sebagai tambahan bahan makanan alternatif dapat di olah menjadi aneka resep dan masakan yang lezat dan sangat cocok dengan selera lidah orang-orang kebanyakan, aneka olahan tersebut dapat berupa makanan untuk di konsumsi sendiri atau untuk di jadikan aneka jajanan sehat dan lezat, berikut ini beberapa olahan makanan berbahan dasar ubi, baik itu ubi jalar atau ibu kayu.

1.    Ubi Goreng.
Jenis penganan yang satu ini sudah sangat lazim sekali di kalangan orang indonesia, mudah buatnya dan tentu saja rasanya yang sangat enak dan gurih, apalagi jika pas dimakan bersama sambal uleg atau sambal terasi, rasanya mengalahkan menu resep masakan restorant kelas atas, waktu saya masih sekolah dulu ubi goreng adalah yang paling banyak dijajakan di kantin sekolah dulu, cara buatnya ringkas dan praktis, akan tetapi sekalipun caranya simple ada beberapa tahapan juga agar di hasilkan ubi goreng yang lembut dan gurih serta lezat dan nikmat. 
 
2.    Sup Ubi Goreng.
Kombinasi kuliner ini adalah kuah sup yang di mix dengan potongan kecil ubi goreng, kuliner ini sangat khas sekali di musim hujan, di kantin dekat rumah suka menjajakan kuliner ini kalau sudah musim hujan, rasa hangat dari sup yang di padukan dengan ubi sebagai tambahannya betul-betul sulit untuk digambarkan. 

3.    Keripik Ubi.
Paling sering terlihat di warung-warung kecil-kecilan, di jual sebagai cemilan yang lezat dan gurih, ada yang rasa pedas atau yang rasa original, bentuknya yang tipis menjadikan keripik ini saat digigit akan berbunyi khas sekali. 

4.    Kolak Ubi.
Paling sering muncul saat ramadhan tiba, rumah-rumah kaum muslimin banyak menjadikan kuliner yang satu ini sebagai makanan pembuka setelah seharian berpuasa, ada banyak variant dari kolak ubi tergantung bahan pembuatnya seperti kola ubi dengan gula merah, atau kolak ubi plus sirup pisang ambon. 


Demikianlah aneka olahan makanan atau kuliner berbahan dasar ubi, sebenarnya masih banyak bentuk kuliner lainnya lagi, apa yang sudah saya sebutkan di atas adalah yang paling sering dan lazim kita temui di sekitar kita.

Salam

Komentar